Minggu, 29 Agustus 2010

6 Bocah Afghanistan Tewas dalam Serangan NATO

kABUL - Enam anak kecil yang tidak berdosa di Afghanistan tewas dalam sebuah serangan udara pasukan NATO. Di saat bersamaan, tiga prajurit NATO juga turut tewas dalam serangan terpisah.

Tewasnya enam anak kecil tersebut terjadi pihak NATO melakukan serangan udara di sebuah daerah pegunungan yang menjadi basis pertahanan dari kelompok Taliban, di Provinsi Kunar. Saat serangan terjadi, keenam anak tersebut diketahui sedang mengumpulkan besi bekas di wilayah itu.

"Dalam serangan itu anak kecil yang berusia antara enam hingga 12 tahun tewas terbunuh. Sementara empat orang anak lainnya terluka parah," ungkap Kepala Polisi Provinsi Kunar Khalilullah Ziayee seperti dikutip AFP, Jumat (27/6/2010).

Menyusul adanya laporan korban warga sipil Pasukan Keamanan NATO (Isaf) dalam pernyataannya mengaku akan melakukan penyelidikan atas insiden ini. 
"Pihak Isaf amat menyadari adanya laporan korban pada warga sipil, kami akan segera melakukan penyelidikan atas tuduhan tersebut," pernyataan pihak Isaf.

Isu korban warga sipil memang amat sensitif di warga Afghanistan, khususnya bagi para pemimpin Afghanistan. 
Menurut para petinggi Pemerintah Afghanistan, tewasnya warga sipil dalam tiap operasi yang dilakukan pasukan koalisi asing dapat melunturkan dukungan publik terhadap Pemerintahan Afghanistan yang didukung oleh dunia barat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar